Masyarakat Sudah Sadar Tentang Isu Lingkungan dan Sosial, Namun Belum Tentu Menerapkan

Perkembangan isu Lingkungan, Sosial, Tata Kelola (LST), atau yang biasa disebut Environment, Social, Governance (ESG), terus bergulir seiring berjalannya waktu. Saat ini, masyarakat juga semakin sadar dan paham tentang konsep LST berkat semakin mudahnya akses informasi. Menyikapi perkembangan yang ada, Continuum INDEF bersama Populix membuat riset dan merangkum tentang kesadaran dan penerapan tentang LST oleh masyarakat.

Temuan menunjukkan secara keseluruhan, responden dan warganet yang menjadi sumber data memiliki kesadaran terhadap isu-isu LST. Kesadaran ditunjukkan dari tingginya perbincangan di media sosial dan tingginya indeks hasil survey terkait LST untuk setiap topiknya.

Meskipun sudah memiliki tingkat kesadaran, sangat disayangkan masyarakat masih memiliki tingkat penerapan yang berbeda-beda. Dari hasil survey, terlihat adanya perbedaan antar pendidikan, ekonomi, dan generasi di beberapa topik survey.

Misalnya pada topik ketenagakerjaan, data media sosial dan survey menunjukkan adanya keluhan-keluhan seputar kondisi ketenagakerjaan. Dari 110,3 ribu perbincangan yang berhasil terekam, perbincangan paling banyak berisi keluhan terhadap sulitnya mencari kerja, gaji yang ‘pas-pasan’, nasib guru honorer, dan keinginan untuk mendapatkan gaji lebih tinggi.

Senada dengan perbincangan di media sosial, responden survey juga menyuarakan kekecewaannya terhadap kondisi pasar kerja. Responden menganggap kondisi pasar kerja masih belum masuk kategori baik, terutama dari sisi persetujuan (acceptance) terkait kebijakan dan upaya pemerintah dalam menciptakan lapangan kerja serta melindungi hak pekerja. Kedua sumber data juga menunjukkan faktor sulitnya pertemuan (match) antara pencari pekerjaan dan lapangan pekerjaan yang mirip.

Perbedaan muncul jika sumber data dibagi berdasarkan level pendidikan. Pada responden dengan tingkat pendidikan lebih tinggi, permasalahan ketenagakerjaan cenderung mengakar ke faktor lain. Misalnya ekspektasi gaji (tidak sesuai dengan kompetensi), persyaratan pekerjaan yang spesifik, dan tingginya persaingan di pasar kerja profesional dapat menjadi beberapa faktor utama yang menyulitkan pencarian pekerjaan. Hal ini cukup kontras dengan responden dengan pendidikan yang lebih rendah yang masalahnya cenderung langsung mengarah kepada gaji dan ketersediaan pekerjaan.

Untuk lebih lengkapnya, insight lebih dalam bisa dalam IKON Report edisi 11 “Awareness Masyarakat terhadap Isu Lingkungan”. Report juga mencakup pembahasan isu-isu lain dalam topik LST seperti topik energi terbarukan, polusi, dan beberapa topik lainnya.

IKON Report edisi 11 bisa diakses melalui link berikut atau subscribe di link berikut

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on pinterest
Pinterest