Analisis Pandangan Masyarakat Terhadap Isu Masa Pilpres dan Kebijakan Pasca Pilpres

Screenshot 2024-05-08 111707

IKON Indonesia merupakan hasil kolaborasi antara riset independen di bidang sosial ekonomi dengan kemampuan analisis big data. Perpaduan hasil pemikiran antara para peneliti ekonomi dengan data scientist ini tergabung dalam Continuum Data Indonesia, sebuah divisi big data di INDEF (Institute for Development of Economics and Finance).

Pada edisi kesebelas ini, IKON Report membahas arah kebijakan dan opini tanggapan dari rencana kebijakan pasca pemilu. Analisis dilakukan menggunakan data yang digali dari media sosial sebagai proksi dari opini dan sentimen yang beredar. Analisis juga menjadi sangat relevan mengingat telah selesainya PHPU yang akhirnya memantapkan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden, sehingga banyak yang melakukan ancang-ancang dari rencana kebijakan yang sudah dijanjikan saat kampanye.

Salah satu isu yang dibahas dalam IKON Report edisi ini adalah wacana kebijakan makan siang gratis bagi siswa. Berdasarkan perbincangan di media sosial, sebanyak 94,96% warganet mengkritik rencana kebijakan ini. Topik-topik yang menjadi penyebab sentimen negatif adalah masukan terkait gizi, ketidakyakinan terhadap biaya, mahalnya bahan pangan dan potensi pengaruh terhadap kebijakan, dan lainnya.

Selain rencana kebijakan makan siang gratis bagi siswa, Continuum juga membahas beberapa topik lain yang masih terkait dengan administrasi pemerintahan selanjutnya. Untuk lebih detailnya, IKON Report bisa diakses di link ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on pinterest
Pinterest